Tips Menjaga Kesehatan Ibu Hamil

Kehamilan dalam rumah tangga adalah suatu hal yang sangat dinanti oleh seorang ibu. Dengan terjadinya kehamilan, maka tinggal satu langkah lagi untuk memiliki seorang anak. Memiliki anak yang lahir dengan sehat merupakan suatu kebahagiaan tersendiri untuk seorang ibu. Tentunya hal tersebut harus dibarengi dengan menjaga kesehatan ibu saat hamil.

Pada saat hamil, seorang ibu memerlukan nutrisi yang lebih banyak jika dibanding dengan keadaan normal. Selain itu, aktivitas harian juga akan sangat berpengaruh terhadap kesehatan sang ibu dan sang anak. Karena itu, menjaga kesehatan saat hamil adalah suatu hal yang sangat penting. Selama masa kehamilan, banyak faktor yang mempengaruhi kesehatan bayi dan ibu baik dari makanan yang dikonsumsi, bentuk fisik, hingga kegiatan yang dilakukan sehari-hari. Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kandungan agar tetap sehat.


Cara Menjaga Kesehatan Ibu Hamil Secara Tepat

Pertama, perhatikan makanan yang dikonsumsi oleh ibu hamil. Saat mengandung, makanan adalah hal yang sangat penting. Ibu yang tengah hamil akan membutuhkan banyak nutrisi untuk dirinya sendiri dan anak yang dikandungnya. Jika sang ibu kekurangan nutrisi, maka anak yang dikandungnya juga akan kekurangan nutrisi yang dapat mengakibatkan kondisi yang tidak normal pada anak. Untuk itu, kebutuhan nutrisi untuk ibu hamil harus terpenuhi. Beberapa makanan yang dapat dikonsumsi ibu saat hamil antara lain sayuran hijau, buah-buahan, dan juga susu. Untuk sayuran, sebaiknya konsumsi sayuran yang berwarna hijau seperti bayam, brokoli, dan juga sayur kangkung. Sedangkan untuk susu, pilihlah susu kambing karena lebih baik jika dibanding susu sapi.
Istirahat yang cukup juga merupakan salah satu tips menjaga kesehatan anak yang ada dalam kandungan. Saat kehamilan, ibu sering kali susah untuk tidur yang dapat mengakibatkan gangguan kesehatan bagi ibu dan anak. Untuk memudahkan istirahat, salah satu cara yang dapat dilakukan oleh ibu adalah dengan mengonsumsi sayur kangkung. Sayur kangkung terbukti dapat menenangkan syaraf sehingga akan memudahkan ibu untuk tertidur.

Olahraga adalah hal yang penting untuk ibu hamil. Walaupun dalam kondisi hamil, sang ibu harus tetap melakukan olahraga. Olahraga untuk ibu hamil memang tidak seperti orang dengan kondisi yang biasa. Olahraga dapat dilakukan dengan gerakan-gerakan sederhana, maupun dengan melakukan yoga untuk ibu hamil.

Jangan terlalu memikirkan sesuatu terlalu berat. Stress adalah faktor yang banyak mengakibatkan gangguan pada kehamilan dan tak jarang berakhir dengan keguguran. Pada saat kehamilan, usahakan untuk tidak terlalu memikirkan masalah yang terjadi karena dapat mengakibatkan stress. Kendalikan diri dan pikiran agar selalu tenang sehingga tingkat terjadinya gangguan kehamilan dapat di minimalisir.

Terakhir, periksalah kandungan ke dokter secara rutin. Dengan sering melakukan cek terhadap kandungan, maka masalah atau gangguan yang terjadi dapat terdeteksi dengan lebih dini. Selain itu, perkembangan janin yang ada dalam perut dapat lebih terkontrol lagi.


Itulah beberapa tips untuk menjaga kesehatan ibu hamil. Menjaga kesehatan tubuh agar tetap sehat bukanlah sesuatu yang sulit jika kita tahu caranya. Jika badan tengah mengandung, sebaiknya jagalah aktifitas harian karena terkadang aktifitas tertentu dapat membahayakan kehamilan. Apalagi saat umur kehamilan masih sangat muda, atau justru sudah menjelang waktu kelahiran. Menjaga kesehatan ibu hamil muda maupun kesehatan ibu hamil yang menjelang kelahiran seperti masa kehamilan 8 bulan merupakan hal yang sangat penting karena akan sangat berpengaruh terhadap kesehatan ibu hamil dan bayi yang tengah dikandungnya.

Terkait Kehamilan Tubuh Lihat Juga

Tips Menjaga Kesehatan Ibu Hamil
4/ 5
Oleh

UPDATE ARTIKEL MELALUI EMAIL

Masukkan email dan klik tombol DAFTAR untuk mendapat artikel terbaru melalui email