Tips Mencegah Penyakit Batu Ginjal

Batu ginjal merupakan sebuah penyakit yang terjadi pada bagian ginjal. Penyakit ini dapat menyerang siapa saja baik wanita maupun pria. Batu ginjal juga mudah muncul kembali walaupun sudah diobati sehingga mencegah penyakit batu ginjal adalah cara terbaik agar penyakit tersebut tidak muncul kembali dalam tubuh.

mencegah batu ginjal

Batu ginjal merupakan penyakit yang disebabkan karena adanya sisa mineral padat yang dipisahkan oleh ginjal dari urine. Batu ginjal dapat menjadi sangat menyakitkan apabila batu ginjal tersebut sudah membesar dan terdapat pada saluran kencing seseorang. Efeknya, bagian perut sebelah kanan bawah atau pada bagian testis akan terasa sangat sakit dan saluran urine akan menjadi terhambat. Jika sudah demikian, maka pengobatan adalah satu-satunya jalan yang harus ditempuh.
Namun jika anda belum terkena batu ginjal, ada baiknya anda membaca tips mencegah batu ginjal berikut sehingga anda dapat terhindar dari penyakit ini. Ahli tips kesehatan akan memberikannya untuk anda.

Caramenghindari batu ginjal

  1. Jangan terlalu banyak mengonsumsi garam. Garam adalah penyebab penyakit ini paling sering ditemui dalam masyarakat Indonesia. Hal ini dikarenakan Indonesia banyak terdapat laut sehingga konsumsi garam sehari-hari sangat tinggi. Perlu diperhatikan bahwa mengonsumsi garam terlalu banyak dapat menjadikan kandungan kalsium dalam urine menjadi meningkat. Jika kalsium dalam urine terlalu banyak, maka kalsium lama-kelamaan akan mengendap dan memicu terjadinya batu ginjal. Nah, mulai dari sekarang jagalah jumlah garam yang anda konsumsi setiap harinya agar terhindar dari penyakit ini.
  2. Jagalah kadar protein yang dikonsumsi setiap hari. Protein adalah zat penting yang harus ada dalam tubuh. Kekurangan protein dalam tubuh akan membuat tubuh dapat terserang berbagai penyakit, namun kelebihan protein juga akan menyebabkan penyakit lain yakni batu ginjal. Terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung banyak protein akan menjadikan asam urat dalam urine meningkat. Terlalu banyak mengonsumsi protein juga dapat menyebabkan sitrat dalam tubuh menjadi berkurang. Padahal fungsi dari sitrat adalah untuk mencegah penyakit batu ginjal dalam tubuh.
  3. Perbanyak konsumsi air putih sehari-hari. Selain dari makanan, ternyata faktor lain yang sangat sering ditemui adalah karena dehidrasi. Jika tubuh sering terkena dehidrasi, maka berbagai kandungan yang terdapat pada urine akan mengeras dan memicu pertumbuhan batu ginjal dalam tubuh. Mengonsumsi air putih secara rutin minimal 8 gelas per hari akan mengencerkan berbagai kandungan yang ada dalam urine seperti kalsium, protein, fosfat, asam urat, dan yang lainnya sehingga saluran urine menjadi lebih lancar.
  4. Olahraga secara rutin. Olahraga memang memiliki berbagai manfaat untuk tubuh. Dengan melakukan olahraga secara rutin minimal 2 kali dalam seminggu, maka berbagai proses dalam tubuh seperti proses yang ada di ginjal akan semakin lancar. Dengan melakukan olahraga, maka tubuh menjadi berkeringat dan menjadikan kita lebih cepat dan banyak mengonsumsi air putih.
  5. Terakhir, lakukan pengecekan kepada dokter. Ini merupakan hal yang sering dilupakan oleh kebanyakan orang. Banyak orang yang tidak pernah memeriksakan kondisi tubuhnya ke dokter sehingga penyakit sangat sulit terdeteksi sejak dini. Jika seseorang pernah mengalami batu ginjal, maka sebaiknya periksakan ke dokter apakah penyakit tersebut kambuh lagi atau tidak.

Nah, itulah beberapa tips mencegah penyakit batu ginjal. Dengan menjaga kondisi kesehatan tubuh, maka berbagai penyakit akan sulit masuk ke dalam tubuh. Melakukan tindakan pencegahan memang lebih baik daripada menunggu penyakit menghampiri tubuh dan baru melakukan pengobatan. Jika tubuh sehat, maka aktifitas harian tidak akan terganggu dan produktifitas tetap terjaga.

Terkait Ginjal Lihat Juga

Tips Mencegah Penyakit Batu Ginjal
4/ 5
Oleh

UPDATE ARTIKEL MELALUI EMAIL

Masukkan email dan klik tombol DAFTAR untuk mendapat artikel terbaru melalui email