Gejala Kanker Otak Stadium Awal Sampai Akhir

Kanker otak atau yang lebih sering disebut oleh dokter dengan sebutan tumor otak adalah sebuah penyakit berbahaya yang menyerang bagian otak manusia. Karena sifatnya yang menyerang otak, maka hal ini dapat menyebabkan terganggunya organ tubuh lainnya yang dapat menyebabkan kematian pada penderitanya. Penyakit ini adalah penyakit yang sangat berbahaya karena dapat menyerang orang baik itu yang masih muda atau yang sudah tua.


Selain kanker serviks, penyakit kanker otak juga merupakan salah satu penyakit pembunuh yang banyak menelan korban jiwa. Penyebabnya belum diketahui secara pasti, namun aktifitas manusia yang kurang baik dapat memicu tumbuhnya sel kanker pada otak. Misalnya adalah terkena radiasi dari telepon genggam, komputer, dan perangkat elektronik lainnya yang dapat menimbulkan radiasi. Selain itu, pola makan yang kurang sehat juga dapat meningkatkan resiko terkena kanker otak. Gejala kanker otak sering kali tidak disadari oleh penderitanya dan mereka baru sadar setelah penyakit sudah parah. Nah, untuk mengantisipasi hal ini Ahli tips kesehatan akan memberikan beberapa gejala kanker otak berdasarkan stadium dari stadium 1 sampai stadium 4 atau akhir.

Gejala kanker otak stadium 1

Pada saat memasuki stadium pertama, biasanya gejala penyakit ini tidak begitu terasa. Mungkin penderita hanya akan mengalami pusing dan juga cepat lelah. Akan tetapi intensitasnya masih sangat jarang sehingga banyak orang yang menganggapnya sebagai pusing biasa.

Kanker otak stadium 2

Pada saat memasuki stadium 2, gejala kanker otak mulai dirasakan oleh penderita. Biasanya penderita akan lebih sering mengalami kelelahan yang tidak wajar saat melakukan aktifitas normal. Hal ini disebabkan karena oksigen yang masuk ke otak mengalami penyumbatan atau tidak lancar sehingga tubuh menjadi cepat lelah. Selain itu, penderita yang terkena penyakit ini akan merasa pusing yang berlebihan saat tubuh mengalami kelelahan, bahkan penderita dapat pingsan.

Kanker otak stadium 3

Jika tumor otak sudah memasuki stadium 3, penderita akan lebih sering mengalami pusing dan sakit pada bagian kepala yang berlebihan. Terkadang, penderita yang sudah mencapai stadium 3 akan mengalami mimisan tanpa disadari. Mimisan terjadi saat otak memikirkan sesuatu yang berat. Selain merasa sakit pada kepala, anggota tubuh lainnya juga mulai terganggu fungsionalitasnya. Bagian tubuh yang terkena dampak ini adalah tangan dan kaki yang mulai terasa sulit untuk digerakkan. Keseimbangan juga sudah mulai terganggu dan penderita akan merasa sulit untuk berjalan secara normal.

Kanker otak stadium 4

Stadium 4 adalah stadium akhir dari kanker otak. Gejala kanker otak pada stadium ini bisa dibilang sudah sangat parah. Tubuh penderita menjadi kehilangan fungsionalitasnya. Kaki dan tangan sangat sulit digerakkan, penglihatan mata menjadi kabur, pendengaran menjadi berkurang, bahkan penderita dapat mengalami kelumpuhan.


Dengan mengenali gejala kanker otak, maka anda dapat lebih cepat mengetahui penyakit di tubuh anda sehingga lebih cepat juga dokter dapat melakukan pengobatan terhadap penyakit anda. Jika anda mengalami gejala seperti diatas, sebaiknya segera menemui dokter untuk mengecek apakah anda terkena kanker otak atau tidak.

Terkait Kanker Lihat Juga

Gejala Kanker Otak Stadium Awal Sampai Akhir
4/ 5
Oleh

UPDATE ARTIKEL MELALUI EMAIL

Masukkan email dan klik tombol DAFTAR untuk mendapat artikel terbaru melalui email