Tips Menjaga Kesehatan Reproduksi Wanita

Organ reproduksi pada manusia memang harus dijaga dan dirawat secara khusus karena menyangkut masa depan dan keturunan. Apalagi pada wanita, kesehatan reproduksiwanita harus benar-benar dijaga dan dirawat dengan khusus sehingga organ tersebut tetap sehat. Penyakit yang menyerang organ reproduksi memang bermacam-macam dan kebanyakan menyerang wanita. Untuk itu, perlu penanganan khusus dalam merawat kesehatan organ vital tersebut.

menjaga kesehatan reproduksi wanita

Kita tahu bahwa reproduksi sangat penting dalam kehidupan karena kita ingin melanjutkan keturunan kita. Kehidupan rumah tangga juga sangat ditentukan oleh kesehatan organ intim baik itu wanita maupun pria sehingga menjaga kesehatan reproduksi adalah hal yang mutlak. Apalagi bagi wanita, kita harus ekstra hati-hati dalam merawat kesehatan organ intim agar tidak salah langkah dalam merawatnya. Lalu bagaimanakah cara menjaga kesehatan reproduksi wanita secara alami sehingga tidak menimbulkan efek samping? Nah, berikut ini ada beberapa tips menjaga kesehatan reproduksi wanita secara alami yang dapat anda praktekkan.

Tipsmenjaga kesehatan reproduksi wanita secara alami

Pertama, jagalah kebersihan daerah kewanitaan anda terutama saat setelah anda buang air kecil atau buang air besar. Bersihkan bagian luar kemaluan dengan menggunakan air bersih. Perlu diperhatikan dalam membersihkan organ tersebut. Pastikan anda membasuh dengan air dimulai dari atas ke bawah atau dari depan ke belakang menuju ke dubur. Hal ini dilakukan karena dubur biasanya terdapat banyak kuman sehingga jangan sampai tersebar ke bagian alat reproduksi.

Kemudian tips selanjutnya adalah pada saat tamu bulanan tiba. Sering-seringlah mengganti pembalut yang anda pakai karena darah yang keluar dari daerah kewanitaan juga banyak. Apalagi pada awal-awal menstruasi, biasanya darah mengalir dengan deras sehingga anda perlu sering mengganti pembalut.

Hal lainnya yang penting adalah dengan tidak memasukkan jari atau benda anda ke dalam vagina. Ini dikarenakan akan menyebabkan hilangnya bakteri loctobacili dari vagina dan juga akan menimbulkan iritasi pada kulit.

Jika anda mengalami keputihan, sebaiknya gantilah celana anda 2 kali dalam sehari. Atau pada saat tidur, sebaiknya lepaslah celana dalam anda sehingga sirkulasi udara pada bagian kewanitaan lebih lancar.

Gunakanlah sabun khusus untuk membersihkan daerah kewanitaan anda. Sabun yang dipakai untuk mandi biasanya mengandung busa yang terkadang membuat kulit di vagina menjadi kering dan juga iritasi. Untuk itu, gunakanlah sabun khusus jika ingin membersihkan vagina agar tidak terjadi iritasi dan masalah lainnya. Namun perlu anda perhatikan jika memakai sabun khusus untuk vagina. Jika setelah memakai sabun tersebut vagina anda menjadi gatal, iritasi, atau kering maka berhentilah menggunakan produk tersbut. Hal ini dikarenakan sabun untuk daerah kewanitaan biasanya akan menimbulkan efek samping yakni mengubah ph vagina.

Jangan lupa untuk membersihkan bulu kemaluan anda. Bulu kemaluan dapat menjadi sumber penyakit yang berbahaya jika kita tidak rajin membersihkannya. Namun dalam membersihkan bulu kemaluan harus ekstra hati-hati karena dapat melukai kulit sekitar kemaluan dan dapat menyebabkan iritasi pada kulit. Pastikan alat potong yang anda gunakan bersih dan steril dari kuman.
Jagalah kebersihan dan kesehatan payudara anda. Payudara juga merupakan organ yang penting dalam reproduksi. Terutama saat anda menyusui, pastikan payudara anda bersih dan bebas dari penyakit saat anda menyusui bayi.


Itulah beberapa tips untuk menjaga kesehatan organ reproduksi untuk wanita. Jagalah organ kewanitaan anda karena itu sangat penting dalam reproduksi dan melanjutkan keturunan. Selain itu, dengan menjaga agar organ kewanitaan tetap bersih maka akan mendukung kehamilan dan proses kelahiran secara normal.

Terkait Tips Wanita Lihat Juga

Tips Menjaga Kesehatan Reproduksi Wanita
4/ 5
Oleh

UPDATE ARTIKEL MELALUI EMAIL

Masukkan email dan klik tombol DAFTAR untuk mendapat artikel terbaru melalui email