Pertolongan Pertama Pada Asma Paling Ampuh

Penyakit asma adalah salah satu penyakit yang banyak diderita oleh masyarakat di Indonesia. Penyakit asma termasuk penyakit yang berbahaya jika tidak tahu carapertolongan pertama pada asma. Asma biasanya disebabkan karena ada peradangan pada bagian saluran pernapasan sehingga akan membuat saluran pernapasan menjadi menyempit dan produksi lendir semakin meningkat. Akibatnya, orang tersebut akan sulit untuk bernapas.

pertolongan pertama pada asma

Lalu kenapa penyakit asma ini dapat terjadi? Banyak yang mengatakan bahwa penyakit asma ini adalah faktor keturunan. Namun sampai saat ini penyakit asma masih belum diketahui apa penyebab utamanya.

Penyakit asma pada seseorang dapat kambuh sewaktu-waktu. Biasanya penyakit ini kambuh dari aktifitas yang dilakukan oleh orang tersebut. Beberapa pemicu timbulnya penyakit asma antara lain adalah bulu, debu, asap, udara yang dingin, infeksi dada, dan juga aktifitas harian yang berlebihan sehingga membuat penderita asma menjadi terlalu lelah.

Lalu bagaimana cara melakukan pertolongan pertama pada asma yang paling ampuh baik itu tanpa obat, maupun dengan menggunakan obat? Nah, berikut ini kami berikan tips dalam menolong penderita sesak napas tersebut.

Pertolongan Pertama Pada Penderita Asma Tanpa Menggunakan Obat:

  1. Pertama, yang paling penting adalah anda sebagai penolong tidak boleh panik ataupun terlihat panik. Jika anda terlihat panik, maka penderita akan mempersulit keadaan karena penderita akan bertambah panik.
  2. Tenangkan penderita asma tersebut dan bawalah ke tempat yang nyaman dan sejuk sehingga penderita dapat lebih tenang dan rileks.
  3. Selanjutnya, sandarkan penderita ke tembok atau ke batang pohon. Jika memungkinkan, berikan bantalan pada leher penderita agar lebih nyaman. Penting: jangan pernah membiarkan penderita asma untuk berbaring atau tiduran karena ini akan menghambat pernapasan penderita.
  4. Pijat bagian jempol kaki karena ini merupakan syaraf paru-paru. Berikan juga air minum agar si korban / penderita lebih rileks. Jangan lupa ingatkan kepada penderita agar tenang dan jangan panik.
  5. Terakhir, hubungi ambulance atau bawa penderita ke dokter terdekat jika kondisinya masih belum membaik dalam waktu 15 menit.

Pertolongan Pertama pada Penderita Asma Dengan Menggunakan Obat

  1. Lakukan pertolongan seperti diatas sampai tahap 3, kemudian berikan inhaler dan pandulah penderita untuk menghirup inhaler sesuai dengan aba-aba anda.
  2. Jika anda memiliki alat bantu pernapasan oksigen, anda bisa menggunakannya juga. Aturlah pernapasan penderita agar bernapas secara perlahan dan dalam. Saat menghirup nafas, tekan alat agar mengeluarkan oksigen, kemudian saat menghembuskan nafas, berhentilah menekan tombol sehingga oksigen berhenti keluar.
  3. Lakukan hal tersebut selama 10 menit, dan jika keadaan belum membaik maka yang harus anda lakukan adalah menghubungi ambulance atau bawa penderita ke rumah sakit terdekat untuk dilakukan perawatan lebih lanjut.

Nah, itulah beberapa tips dalam melakukan pertolongan pertama pada penderita asma. Semoga dapat bermanfaat sehingga dapat digunakan untuk melakukan tindakan yang tepat kepada orang yang terkena asma.

Terkait P3K Tips Lihat Juga

Pertolongan Pertama Pada Asma Paling Ampuh
4/ 5
Oleh

UPDATE ARTIKEL MELALUI EMAIL

Masukkan email dan klik tombol DAFTAR untuk mendapat artikel terbaru melalui email